Microsoft Excel
Microsoft Excel
Aplikasi Excel adalah salah satu jenis perangkat lunak yang sering digunakan
sebagai media membangun tabel yang didalamnya menggunakan perhitungan
antara beberapa baris atau kolom hingga membuat analisis dalam bentuk
dashboard.
Unsur utama Excel adalah cell yang merupakan perpaduan baris dan kolom.
1. Quick Access Toolbar Quick access toolbar merupakankumpulan ikon atau tombol shortcut yang paling sering digunakan, seperti New, Open, Save, Save as dll.
2. Title Judul dokumen Excel.
3. Ribbon Deretan tab berdasarkan kategori fitur-fitur.
4. Ribbon Group Kumpulan fitur fitur yangdikelompokkan.
5. Formula Bar Menuliskan rumus atau formula yangdigunakan untuk menghitungantar cell
6. Cell Name Menunjukkan nama cell letak kursorberada.
7. Cell Perpaduan antara baris dan kolom.
8. Column Data yang tersusun dari banyak celldari atas ke bawah.
9. Row Deretan data dalam format cell secaramenyamping.
10. Scroll Between Worksheets Untuk menggeser Worksheets
11. Worksheets Lembar kerja dalam Excel.
12. Add New Sheet Untuk menambahkan worksheet baru.
13. Normal View Untuk menampilkan worksheet dalammetode standar.
14. Page Layout View Menampilkan worksheet dalam bentukper halaman
15. Page Break View Untuk melihat dan mereview tampilanworksheet.
16. Scroll Bar Untuk menggeser worksheet.Pada saat mengoperasikan Microsoft Excel, anda harus mengatur beberapa fitur fitur berikut.
Pada saat mengoperasikan Microsoft Excel, anda harus mengatur beberapa fitur fitur berikut.
1. Mengatur Dimensi Baris Dan Kolom
Dimensi ukuran tinggi baris dan lebar kolom dalam sebuah worksheet selalu sama.
2. Mengatur Properties Font Dan Border Tabel
Agar sebuah tabel memilikli garis pemisah dengan cell lain dalam worksheet Excel, perlu dilakukan tambahan garis yang disebut border. Selain itu,pengaturan ukuran dan jenis huruf yang digunakan dalam tabel juga harus dibedakan agar pembaca mengetahui judul tabel, header tabel dan isi tabel.
3. Menentukan Format Data Cells
Dalam Excel dikenal beberapa jenis format tipe data dalam cel antara lain, sebagai berikut.
A. General
Format standar dalam cell di mana cell akan memprediksi
nilai yang dimasukkan.
B. Number
Tipe data numerik yang secara default menggunakan tipe
data desimal dengan 2 digit angka dibelakang koma.
C. Currency
Format numerik untuk mata uang dengan simbol tertentu.
D. Accounting
Seperti Currency, tetapi antara simbol dan nilai mata uang
Dipisahkan dengan spasi.
E. Short Date
Nilai cell untuk tanggal, formatnya M/D/YYYY
F. Long Date
Memiliki format daily, Month DD, YYYY.
G. Time
Memiliki format waktu HH/MM/SS dilengkapi AM atau PM.
H. Percentage
Format penulisan data numerik dilengkapi dengan simbol
persen (%)
I. Fraction
Menampilkan data dalam bentuk pecahan.
J. Scientific
Formasi penulisan numerik secara ilmiah.
K. Text
Text menganggap semua masukkan data dalam cell
sebagai sebuah string biasa.
L. Special
Format data untuk penulisan kode pos, nomor telepon,
Atau Social Security Number.
M. Costum
Jenis format data yang ingin ditentukan sendiri.
Cara mengatur jenis format data :
1) Klik kanan cell yang akan diatur formatnya, kemudian pilih format cells
– klik tab number.Pada category, tentukan jenis format yang akan
digunakan, kemudian klik ok.
2) Cara berikutnya adalah dengan blok cell yang akan diatur formatnya,
kemudian pada menu ribbon, klik tab home – pilih format data pada
grup number
4. Mengoprasikan worksheet
Dalam file workbook excel terdapat minimal tiga worksheet, yaitu
Sheet1, Sheet2, Sheet3.Diantara 3 tiga worksheet tersebut ada
aktivitas yang dapat dilakukan sebagai berikut.
a. Membuat worksheet baru
Untuk membuat lembar kerja.Anda dapat mengklik ikon insert
worksheet (Shift + F11)
b. Menggeser lembar kerja ke lembar kaerja lain
Untuk mengopi sheet ke sheet lain anda dapat mengikuti langkah
berikut :
- Tempatkan cursor mouse pada sheet name, kemudian klik
kanan – pilih move or copy.Selanjutnya, tentukan lokasi
sheet yang akan dipindahkan.
- Metode berikutnya adalah mengklik sheet yang akan
dipindah, kemudian geser ke posisi sheet yang dituju
5. Membuat formula atau rumus
Untuk menuliskan rumus dalam cell harus diawali dengan tanda sama
dengan (=).Berikut adalah beberapa jenis operator matematika yang
dapat digunakan dalam excel.
+ (penjumlahan antar cells)
- (pengurangan nilai antar cells)
/ (pembagian nilai)
*(perkalian)
^ (eksponen)
6. Mengopi foemula dari cell satu ke cell lainnya
Untuk mempersingkat waktu pembuatan rumus, anda dapat
menggunakan fitur fill handle.
7. Referensi relative dan absolute cell
Relative reference adalah formula dalam sebuah cell yang disalin ke
cell lain akan berubah nomor cell yang dioperasikannya.Absolute cell
atau referensi mutlak adalah teknik penyalinan formula dalam sebuah
cell ke cell lainnya tanpa mengalami perubahan referensi baris atau
kolom
$C$3 (Nilai yang digunakan dengan referensi kolom C pada baris 3
bersifat tetap)
C$3 (Nilai yang digunakan sebagai referensi secara mutlak adalah cell
pada baris ke-3 secara tetap)
$C3 (Kode ini untuk referensi kolom C bersifat tetap)
8. Menambahkan function
a. COUNT
Untuk menghitung banyaknya cell yang dihitung
b. SUM
Untuk menjumlahkan semua nilai dalam cells yang dihitung
c. AVERAGE
Untuk menghitung rata rata nilai numerik dalam cells yang dihitung
d. MEDIAN
Untuk mencari nilai tengah
e. MIN
Untuk mendapatkan nilai terkecil dari range nilai yang dihitung
f. MAX
Untuk mendapatkan nilai terbesar dari range nilai cells yang
dihitung.
9. Function seleksi dengan IF
Dengan IF anda dapat menyeleksi sebuah kondisi bernilai true atau
false.Format penulisan IF pada excel sebagai berikut
=IF(logical_condition,[True].[False])
10. Mengurutkan data dengan sorting
Langkah sebagai berikut :
a. Blok semua cell B17 – O25
b. Klik tab menu ribbon Data – pilih Sort
c. Tentukan kotak sort by : Coloumn K dengan nilai Order largest to
Smallest
11. Memfilter data tabel
Menggunakan fitur filtering data
12. Freeze panes and view options
Agar header dalam tabel tidak ikut bergeser ketika data tabel di scroll
ke bawah anda dapat membuat freeze panes
13. Membuat pengelompokkan dengan group dan subtotal
Data yang dimasukkan dalam tabel terkadang sangat banyak .Oleh
karena itu, diperlukan metode grouping untuk mengelompokkan data
tertentu.
14. Membuat Grafik
Grafik adalah sebuah visualisasi dari data yang diwujudkan dalam
bentuk gambar bangun ruang seperti lingkaran, batang, dan lainnya
sebagai bentuk informasi tentang statistik sebuah keadaan seperti stok
barang, jumlah siswa, dan kemajuan proses absensi :
a. Buat sebuah file Excel baru dengan nama grafik.xlsx.
b. Blok cell C6 sampai cell F10.
c. Hasil dari pembuatan grafik dengan bentuk batang (bar) 2 dimensi.
d. Untuk menambahkan judul atau Chart Title pada grafik, klik terlebih
dahulu, kemudian klik tab ribbon Layout – klik Chart Title – Centered
Overlay Title.
15. Mengubah Style Grafik
Untuk mengubah model grafik yang ditampilkan dalam Excel, kilk
grafik – pilih tab ribbon Design – Change Chart Type kemudian tentukan
pilihan tema grafik yang akan digunakan.
Adapun, untuk mengubah elemen dan layout grafik, Microsoft Excel
telah menyediakan fitur yang lengkap dalam grup tab ribbon Design dan
Layout.
16. Membuat Conditional Formating
Dengan visualisasi grafik, informasi yang ditampilkan merupakan hasil
akhir yang biasanya merupakan pengolahan data statistik yang telah
dianalisis dan berupa presentase data.
a. Buka file data nilai siswa yang dibuat sebelumnya.
b. Pilih dan blok cell dari cell E17 sampai cell J25.
c. Pilih tab ribbon Home – Conditional Formatting – Highligt Cells Rules –
Less Than.
d. Dalam latihan ini, Anda akan membuat pembedaan warna bagi siswa
yang nilainya di bawah KKM, yaitu 78 dengan tampilan warna merah.
e. Isikan nilai 78 sebagai conditional formatting, pilih Highligt cells rules –
Less than ... kemudian with costum format..., atur nilai warna
background berwarna merah. Lalu klik ok untuk menyimpan.
f. Output yang ditampilkan setelah dikonfigurasikan:
Conditional Formatting yang nantinya pada cell dengan nilai kurang
dari 78 akan berwarna merah.
No comments for "Microsoft Excel"
Post a Comment